Tentang Kisi-kisi Ujian Nasional Tahun 2017

Posted by Java Bloggers on Monday, November 7, 2016

Kisi-kisi Ujian Nasional Tahun 2017 atau untuk tahun pelajaran 2016/2017 untuk tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, dan Program Paket A, B, dan C belum dipublikasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Pihak Kemdikbud terkait UN baru saja menyelenggarakan Ujian Nasional Perbaikan (UNP). Ujian Nasional Perbaikan atau UNP ini merupakan ujian nasional yang diselenggarakan untuk peserta didik pada jenjang SMA/Sederajat yang mencapai nilai UN kurang dari atau sama dengan 55,0 (lima puluh lima koma nol) pada suatu mata pelajaran, jadi bukan dihitung dari nilai rata-rata UN. UNP untuk lulusan tahun pelajaran 2014/2015 telah berlangsung pada bulan Februari 2016, sedangkan UNP untuk lulusan tahun pelajaran 2015/2016 juga telah diselenggarakan pada bulan Agustus 2016.

Ujian Nasional Perbaikan (UNP) tahun 2016 untuk SMK telah dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus s.d 1 September 2016, dan UNP untuk SMA/MA/SMAK/SMTK diselenggarakan pada 29 Agustus s.d 6 September 2016. Kemudian UNP untuk Paket C telah dilaksanakan pada 29 Agustus s.d 7 September 2016.

UN Perbaikan dilaksanakan dengan berbasis komputer dan masih menggunakan kisi-kisi Ujian Nasional Tahun 2016 (tahun pelajaran 2015/2016). Soal-soal untuk UNP mengacu pada kisi-kisi UN yang dikeluarkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Jika nilai yang diperoleh dalam UNP ternyata hasilnya lebih kecil dari nilai UN (sebelum UNP), maka yang diambil adalah nilai yang terbaik atau tertinggi. UNP hanya bisa diikuti satu kali, sehingga tidak ada kesempatan kedua untuk memperbaiki nilai.

Selanjutnya untuk Kisi-kisi Ujian Nasional Tahun 2017, pihak Kemdikbud pun telah mulai melaksanakan kegiatan penyusunan-kisi-kisi naskah ujian nasional. Diantaranya penyusunan-kisi-kisi-naskah ujian nasional SMK/MAK untuk tahun pelajaran 2016/2017.

Kegiatan dalam rangka menyiapkan bahan ujian nasional SMK/MAK tersebut telah diselenggarakan pada tanggal 22 Mei - 24 Mei 2016 yang bertempat di Best Western Premier The Hive Hotel, Jakarta. Kegiatan utamanya adalah Penyusunan Kisi-kisi Naskah Soal Ujian Nasional SMK/MAK untuk tahun pelajaran 2016/2017. Dan di bawah ini adalah undangan resminya :



Selanjutnya terkait upaya Mendikbud Muhadjir Effendy untuk mengkaji ulang pelaksanaan Ujian Nasional, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy seperti diberitakan oleh Antara mengatakan pihaknya saat ini sedang melakukan pengkajian pelaksanaan Ujian Nasional (UN).

"Untuk UN, kami melakukan kajian internal. Kami akan lihat manfaatnya, karena terbatasnya anggaran. Apalagi tahun depan, banyak program prioritas lainnya," ujar Mendikbud saat rapat dengar pendapat dengan Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Jakarta, Selasa malam.

Pelaksanaan UN dikaji ulang karena saat ini UN tak lagi menjadi penentu kelulusan.

Pada 2016, besarnya anggaran untuk mengadakan dan mendistribusikan naskah UN 2016 ini mencapai Rp94 miliar.

Selain juga diselenggarakan UN Perbaikan bagi anak yang ingin memperbaiki nilai UN.

Dalam kesempatan tersebut, Komisi X DPR menyetujui pagu anggaran Kemdikbud pada Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2017 sebesar Rp39,823 triliun.

Jumlah tersebut sama persis dengan anggaran yang disampaikan oleh Kemdikbud.

"Di sejumlah kementerian memang terjadi pengurangan anggaran. Tapi khusus untuk pendidikan, karena menjaga konstitusi maka Banggar memutuskan Kemdikbud tidak mengalami pengurangan serupiah pun," kata anggota Komisi X DPR, I Wayan Koster.

Sejumlah pemerhati juga meminta agar pelaksanaan UN Perbaikan juga ditinjau ulang karena dinilai menghamburkan uang.

"Kalau sedang efisiensi, maka program penting yang harus diprioritaskan. UN Perbaikan harus ditinjau ulang, karena program yang mubadzir," kata pemerhati pendidikan dari Universitas Pendidikan Indonesia, Said Hamid Hasan.


Sumber:
- kemdikbud.go.id
- psmk.kemdikbud.go.id
- Antara

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment