Informasi Ujian Nasional SMA/SMK Tahun Ajaran 2016/2017

Posted by Java Bloggers on Wednesday, November 9, 2016

Walaupun belum ada informasi terkait Jadwal Ujian Nasional SMA/SMK Tahun Ajaran 2016/2017 seperti Kisi-kisi Ujian Nasional dan POS UN namun di beberapa daerah para Guru atau pendidik sudah mulai mempersiapkan siswa/i nya untuk menghadapi UN 2017.

Berbagai persiapan ujian nasional SMA/SMK tahun 2017 mulai dilaksanakan, verifikasi dan validasi nominasi peserta ujian juga terus dilakukan. Seperti di wilayah Surabaya jatim, meskipun peralihan berkas SMA/SMK susah diserahkan ke Pemerintah Provinsi Jatim, verifikasi nominasi ini masih didampingi oleh Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Surabaya.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Kejuruan Dindik Kota Surabaya, Sudarminto menjelaskan, pihaknya akan tetap mendampingi proses persiapan ujian nasional. Meskipun ia juga belum bisa memastikan sampai kapan pendampingan akan berlanjut. Pasalnya proses persiapan nominasi hingga keluar kartu peserta UN tidak instan.

Tahun ini,sebanyak 137 SMA se Surabaya mengikuti tahapan nominasi verifikasi peserta UN 2017, sementara verifikasi SMK juga telah dilakukan di SMKN 6. Pihaknya berharap anak-anak bisa UN dengan baik, dengan dokumen yang jelas. Supaya nanti tidak tidak timbul persoalan ketika menjelang pelaksanan ujian.

Pendampingan yang dilakukan Dindik Surabaya ini bukan masalah persoalan peralihan atau tidaknya, namun lebih pada persoalan dokumen anak yang barus betul.

Tahapan nominasi verifikasi peserta UN termasuk dalam kerangka penelitian dokumen administrasi peserta UN tahun 2017. Hal itu harus diperiksa mulai sekarang untuk mencocokkan dokumen-dokumen kesiswaan.

Verifikasi ini, dikatakannya dilakukan dengan lintas sub rayon jadi sub rayon 1 diperiksa sub rayon 2. Namun Sub rauon 2 tidak akan diberiksa Sub rayon 1, melainkan disilang ke Sub Rayon lain.


Pemberitahuan Persiapan Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMK/MAK Tahun 2016/2017

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan yang berkantor di Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
Gedung E, Lantai 13 Jl. Jend Sudirman, Senayan, Jakarta 10270, telah memulai beberapa persiapan ujian nasional SMK/MAK tahun ajaran 206/207, diantaranya dengan Pemberitahuan Persiapan Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer Tahun 2016/2017.

Lampiran Pemberitahuan Persiapan Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK),

Lampiran dapat diunduh disini


Pemberitahuan tersebut adalah dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer tahun pelajaran 2016/2017, Direktorat Pembinaan SMK bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi akan melaksanakan verifikasi SMK calon penyelenggara UNBK di wilayah binaan masing-masing di Indonesia.



Sumber:
- Psmk Kemdikbud
- Tribun News

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment